Pantai Selong Belanak, Saingan Berat Gili Trawangan

Lombok tidak cuma punya Pantai Senggigi dan Gili Trawangan, masih banyak destinasi indah di Lombok, NTB seperti Pantai Selong Belanak. Pantai ini punya pasir putih yang cantik dan unik. Bila terkena air laut, pasirnya akan mengeras dan bisa dilalui motor!

Pantai Selong Belanak berada di Kabupaten Lombok Tengah ini memiliki pasir yang berbeda dengan pantai lain di Lombok bagian selatan. Umumnya pantai-pantai yang berada di Lombok bagian selatan ini mempunyai pasir yang khas, yakni pasir putih yang berbentuk seperti merica.

Tapi lain halnya dengan Pantai Selong Belanak. pantai ini menawarkan pasir putih yang halus dan apabila menyatu dengan air laut, pasir putih ini menjadi keras. Untuk itu tidak heran kita melihat atau menyaksikan beberapa kendaraan bermotor bisa kebut-kebutan di bibir pantainya.

Pantai Selong Belanak adalah pantai yang wajib dikunjungi apabila Anda berkunjung ke Lombok. Air lautnya yang bening, pantai yang landai, bibir pantai yang memanjang, dan gugusan perbukitan hijau yang menjulang di sekililingnya menjadi lukisan yang sempurna.

Selain pasirnya yang bisa mengeras, Selong Belanak juga mempunyai dua macam ombak, yaitu di sisi kirinya menyuguhkan ombak yang tenang dan di sisi sebelah kanannya menyuguhkan ombak yang agak tinggi. Oleh sebab itu, di sisi kanan ini kerap dijadikan sebagai spot surfing, terutama oleh wisatawan mancanegara.

Tidak hanya keindahan pantai, di Selong Belanak kita juga bisa berwisata kuliner. Kita bisa menikmati hasil tangkapan laut warga berupa ikan bakar yang dijajakan oleh ibu-ibu nelayan setempat di pinggir pantai. Biasanya, ibu-ibu ini menjual ikan tongkol yang masih segar. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 4.000 saja Anda sudah bisa menikmati satu tusuk tongkol bakar dengan sambelnya yang khas. Ehmm, yummy!

Pantai Selong Belanak juga sudah mulai berbenah, biasanya setiap weekend pantai ini akan menjadi sesak oleh wisatawan lokal. Untuk itu, setiap weekend kita dikenakan biaya masuk pantai dan parkir kendaraan. Berbeda apabila kita berkunjung di hari-hari biasa yang hanya terkena retribusi parkir saja.

Selain itu, warung-warung yang berada di sekitar pantai sudah mulai ditertibkan dengan cara dibuatkan lapak-lapak kaki lima di tempat yang sudah disediakan dan agak jauh dari bibir pantai. Oleh karena itu, pemandangan pantai tidak akan tertutupi oleh lapak-lapak tersebut dan di sini kita tidak akan pernah kekurangan bekal. Buat Anda yang ingin menginap di sekitar pantai, sudah ada beberapa penginapan di daerah ini mulai dari homestay sampai villa mewah.

Rute Selong Belanak dari pusat kota Mataram sangatlah gampang dan tentunya dengan jalanan full hotmix. Hanya berjarak sekitar 60 kilometer dengan melewati Gerung, by pass Bandara Internasional Lombok. Selanjutnya, belok kanan di perempatan Batujai.

Setelah bertemu pertigaan, ambil kanan, lurus melewati Desa Bonder, Desa Mangkung dan sampailah di Desa Selong Belanak. Sebelum sampai di gerbang Wisata Alam Selong Belanak, ada pertigaan, ambil kiri dan lurus. Dari situ kita akan menemukan jalanan menurun. Dari jalanan menurun ini kita bisa menyaksikan pemandangan Selong Belanak dari ketinggian. lho. Setelah melewati turunan ini kita bertemu lagi dengan pertigaan, nah dari pertigaan ini belok kanan dan sampailah di hadapan si cantik, Pantai Selong Belanak!

untuk menuju ke lokasi wisata ini silahkan hubungi bagian reservasi

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s