Inilah Fakta dan Mitos Berwisata dengan “Travel Agent”

Berwisata menggunakan jasa travel agent atau biro perjalanan wisata kerap dianggap berbiaya lebih mahal dan dibatasi oleh jadwal yang ketat. Namun, anggapan tersebut bisa dibantah dalam diskusi bertema “Fakta dan Mitos Seputar Traveling dengan Travel Agent” di Jakarta, Kamis (20/3/2014) malam.

“Saat ini peminat kelompok tur sangat banyak sehingga biayanya bisa menjadi semakin murah. Selain itu, travel agent juga biasanya memiliki kerja sama dengan maskapai penerbangan terkait harga spesial,” ujar Chief Operating Officer PT Dwidaya Tour & Travel, Effendy Dharmawan, dalam diskusi tersebut.

Trinity, penulis buku “The Naked Traveler” membenarkan hal tersebut. Sama halnya juga dengan Kenny Santana, pemilik akun twitter bertema travel, @KartuPos. Mereka mengakui tidak selamanya berwisata menggunakan biro perjalanan wisata itu berbiaya lebih mahal.

“Contohnya ke Turki. Ada paket wisata dari travel agent yang menawarkan harga 899 dollar AS yang sudah termasuk tiket pesawat dan akomodasi selama di sana. Sementara kalau berangkat sendiri, tiket pesawatnya saja bisa 700 dolar AS,” ujar Kenny.

Menurut Trinity, jasa biro perjalanan wisata sangat berguna untuk mengunjungi destinasi-destinasi yang secara prosedural sulit dikunjungi. Misalnya, destinasi tertentu seperti Israel yang tidak bisa dikunjungi tanpa menggunakan jasa biro perjalanan wisata.

“Sementara destinasi seperti Rusia, mengurus visanya sulit dan membutuhkan usaha lebih untuk para traveler independen. Kalau menggunakan travel agent yang telah memiliki jaringan luas tentu prosesnya lebih mudah,” ujarnya.

Biro perjalanan wisata juga bisa menyesuaikan dengan keinginan para pelancong saat berwisata. Misalnya, dengan menawarkan paket wisata fleksibel.

“Para traveler bisa mengatur sendiri destinasi-destinasi tambahan yang ingin dikunjungi. Biayanya akan dikalkulasi oleh pihak travel agent,” kata Effendy.

Selain itu, Effendy menambahkan bahwa traveler bisa memilih jasa biro perjalanan wisata yang ingin digunakan. Seperti paket tur dan akomodasi tanpa tiket perjalanan atau tiket perjalanan dan akomodasi tanpa menggunakan paket tur di tempat tujuan.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s