Surabi atau Serabi

BISA jadi sebagian dari kita belum paham tentang surabi. Makanan berbahan dasar tepung beras dicampur tepung terigu dan parutan kelapa muda itu, sebenarnya bukan jenis makanan baru. Ini karena beberapa daerah juga memiliki makanan yang sama.

Surabi sejak lama populer di Bandung, Jawa Barat, tetapi di sejumlah daerah di Jawa Tengah juga ada serabi yang bahan bakunya relatif sama dengan surabi. Bahkan di Sumatera Barat pun ada serabi.

Bahan dasar makanan berbentuk bulat yang dimasak dengan kuali dari tanah itu hampir sama. Rasa dasarnya juga sama, gurih, karena unsur kelapa muda atau santan. Bedanya pada bahan tambahan atau topping dan tingkat ketebalan daging surabi.

Apabila surabi bandung berdaging tebal dengan aneka topping seperti cokelat, stroberi, oncom, jagung, kurma, ayam, sosis dengan rasa manis atau pedas, maka serabi solo biasanya diberi topping cokelat atau nangka dengan daging lebih tipis dan bisa digulung.

Sementara itu, daging serabi padang juga tak tebal dan dimakan dengan kuah santan yang manis. Ada pula serabi betawi yang mirip surabi, tetapi kinca atau kuahnya adalah gula merah cair

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s