Pawai Obor Awali Festival Legu Gam

Festival Legu Gam ke-13 resmi dimulai di kota Ternate, Maluku Utara, Minggu (13/4/2014). Festival tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Kesultanan Ternate didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Permaisuri Boki Ratu Nita Budhi Susanty, mengatakan festival ini merupakan ajang bagi rakyat Ternate untuk berpesta dan bersuka cita merayakan ulang tahun ke-79 Sri Sultan H Mudaffar Syah. Selain itu festival ini juga menjadi ajang promosi bagi pariwisata di Kota Ternate.

Dimulainya festival ini ditandai dengan pawai obor “Gam Ma Cahaya” yang dilakukan pada Sabtu malam atau sehari sebelum acara pembukaan dimulai. Obor menjadi simbol penerang yang diberikan oleh Sultan kepada rakyat Ternate.

Pada acara pawai obor tersebut, Sri Sultan menyalakan obor pertama dan kemudian obor tersebut akan dibawa berkeliling kota Ternate oleh seorang abdi. Ratusan orang turut serta dalam pawai tersebut dan sebelum berangkat mereka didoakan agar memiliki kekuatan berjalan kaki mengelilingi Kota Ternate.

Pada Minggu pagi, Sultan Ternate didampingi Permaisuri mengikuti ritual doa, kemudian diarak menuju panggung rakyat pada siang harinya.

Festival yang berlangsung hingga Sabtu (26/4/2014) ini akan diisi dengan kirab budaya, fashion street, hingga jelajah Samudera Kie Raha – berjelajah menggunakan perahu untuk mengunjungi empat kesultanan di Maluku Utara, yaitu Ternate, Tidore, Bacan, dan Jailolo.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s