Cicipi Ketupat Sotong ala Terengganu

Jika di Indonesia ketupat biasanya dibuat dari janur dan beras saja, lain halnya dengan di Terengganu. Di kota yang terletak di bagian pantai timur Malaysia itu, Anda akan menemukan ketupat yang dibuat dari sotong dan beras ketan.

Dari bentuk, ketupat sotong awalnya tampak hanya seperti sotong rebus biasa. Namun, jika Anda memotong bagian sotong tersebut maka akan terlihat perbedaan karena berisi beras ketan.

Ketupat sotong ini adalah salah satu makanan khas masyarakat Terengganu. Biasanya makanan tersebut dijadikan menu utama saat mereka merayakan Hari Raya Idul Fitri atau ketika mengadakan pesta besar.

“Ini adalah salah satu makanan khas (Terengganu). Setiap Idul Fitri , atau acara-acara besar makanan ini selalu dijadikan menu wajib,” ujar salah satu warga Terengganu, Nahruddin Ali, kepada Kompas.com, Minggu (13/4/2014).

Pembuatan ketupat sotong ini pun tidak terlalu sulit. Sotong yang sudah dibersihkan dan dibuang bagian kepalanya menjadi kulit ketupat. Kemudian, beras ketan yang sudah matang, diisikan ke perut sotong.

Di bagian ujung sotong biasanya disematkan dengan lidi agar ketan tidak keluar. Setelah itu, sotong yang sudah diisi dengan ketan lalu dimasak kembali dengan santan kental yang diberi bumbu seperti bawang merah, garam, cabai, dan bumbu-bumbu lainnya.

Ketupat sotong disajikan tanpa tambahan lauk lainnya. Meski begitu, ketika Anda mencicipi makanan ini, rasa gurih dari santan serta manis dari ketan akan langsung terasa sejak gigitan pertama. Kulit sotong yang kenyal pun semakin bakal membuat lidah Anda bergoyang ria

sumber

Advertisements

One thought on “Cicipi Ketupat Sotong ala Terengganu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s