Rex Peunayong di Banda Aceh, Dulu dan Kini

Romantisme mengurai saat kembali menyambangi Rex Peunayong, Kota Banda Aceh—kawasan kuliner malam hari—yang tertata rapi dengan barisan kursi memadati bangunan khusus yang berasitektur megah itu.

Bagaimana tidak, sepuluh tahun lalu sebelum tsunami menerjang pada penutup akhir tahun, kawasan Rex Peunayong, masih beralas semen mengelupas yang dipagari rak-rak kuliner mengelilingi barisan kursi pengunjung. Pemandangan berbeda ini tentu menimbulkan daya tarik tersendiri bagi warga pendatang.

Yusna, warga Bireuen, salah satunya. Ia mengaku dulu kerap menikmati makan malam bersama teman-teman kuliah di rex tersebut. Karena selain menunya beragam, menikmati alam terbukanya pun sungguh menawan, di bawah taburan bintang dan bulan yang cukup menerangi kawasan itu.

“Lain halnya sekarang, sebagian besar bangunan Rex ini sudah di buat kanopi sehingga angin malam tidak leluasa berembus. Namun kalau hujan pengunjung tidak basah seperti ini,” ungkap Yusna.

Pengamatan Kompas.com, bangunan Rex Peunayong, yang didirikan beberapa saat pascatsunami meluluhlantakkan sebagian besar pesisir Aceh, 26 Desember 2004 silam, berbentuk gelombang yang melingkar. Bisa jadi ini merupakan lambang air besar yang menggulung daratan Aceh saat bencana maha dahsyat itu terjadi, sehingga diabadikan sebagai bangunan di kawasan kuliner malam hari.

Keramaiannya tak jauh berbeda dengan sepuluh tahun silam. Selain muda-mudi, banyak keluarga yang membawa putra-putri mereka untuk menikmati kuliner beraneka ragam yang dijajakan gerobak-gerobak di sana. Sebut saja nasi goreng, ayam penyet, sate padang hingga sate matang juga tersedia di Rex tersebut.

Pada malam hari kawasan ini padat dengan lalu lintas maupun parkir. “Apalagi malam minggu, mobil sama sepeda motor penuh dari tikungan Peunayong ini hingga ke sudut sana,” sebut petugas parkir seraya menunjuk kawasan pertokoan di sebelah Hotel Medan.

Selain hidup, kawasan Rex di malam hari menjadi pilihan utama bagi teman dan kerabat berkumpul menghabiskan waktu bersama. Letaknya juga strategis karena dikelilingi penginapan dan warung makan yang bisa disinggahi pengunjung. Ditambah, harga terjangkau untuk tiap-tiap menu menjadi buruan pengunjung mendatangi Rex Peunayong.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s