Unik, Festival Sotong di Malaysia

Festival Terengganu International Squid Jigging 2014 ternyata cukup menarik perhatian dunia. Hal itu bisa terlihat dari antusias ratusan peserta festival yang terdiri dari media Internasional serta blogger dari berbagai penjuru dunia.

Uniknya, di festival ini acara utamanya adalah menangkap sotong dengan teknik jigging di perairan Pulau Kapas di Marang dan Pulau Cepu di Setiu. Selain itu, para peserta juga berkesempatan mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Pulau Redang, Tasik Kenyir, Pasar Payang, Masjid Terapung, dan sebagainya.

Sejumlah pengunjung mengungkapkan ketertarikannya dengan berbagai keindahan dan budaya Terengganu. Edgar Alan Zeta, misalnya, seorang blogger asal Filipina, yang mengaku ini adalah pengalaman pertamanya mengeksplorasi wisata alam Terengganu.

“Saya beberapa kali sudah mengunjungi Malaysia, tetapi ke Terengganu baru pertama kali. Jadi, ini (ikut festival) adalah kesempatan yang bagus,” kata Edgar saat berbincang dengan Kompas.com.

Menteri Negeri Terengganu, Datuk Seri Ahmad Said, pun mengaku senang dengan antusiasme para peserta. Ia pun mengungkapkan, akan mengundang lebih banyak peserta jika festival itu kembali diselenggarakan pada tahun depan.

“Saya bersyukur karena sambutan peserta, termasuk yang dari luar negara sangat luar biasa. Kita berharap ini adalah permulaan ke arah pesta yang lebih hebat di masa-masa yang akan datang dan kita akan mencoba membawa lebih banyak lagi wartawan dan blogger dari luar negeri,” kata Datuk Seri Ahmad.

Festival Terengganu International Squid Jigging 2014 berlangsung sejak 11 hingga 17 April 2014. Tercatat, sebanyak 200 peserta dan media dari 21 negara turut meramaikan festival tersebut.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s