Melancong ke Sulawesi, Kunjungi Destinasi Berikut

Sulawesi memiliki banyak obyek wisata menarik untuk dikunjungi. Saat media sharing “Telusur Nusantara 2013” yang bertajuk “Sulawesi Kita”, beberapa travel blogger menceritakan pengalamannya saat mengunjungi beberapa destinasi di Pulau Sulawesi pada Desember 2013 lalu.  Acara ini diselenggarakan oleh Air Asia Go, di Jakarta, Rabu (16/4/2014).

Ainun Chomsun dan Anto Motulz, dua travel blogger ini berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara. Misi mereka adalah sebagai social traveler dari Telusur Nusantara. Selama di Manado, Ainun dan Anto mengunjungi beberapa tempat, salah satunya Jalan Roda (Jarod).

“Kata orang, kalau mau mengenal penduduk lokal coba lah dengan ngopi bareng mereka. Di Manado, Jarod ini lah tempatnya,” ujar Rudi.

Di Jarod, menurut Anto banyak tetua-tetua yang senang bercerita, baik tentang sejarah Manado maupun hal lainnya sambil menikmati segelas kopi.

“Menariknya, di sini semua sama rata. Tidak ada strata,” cerita Rudi.

Selain Jarod, tempat lainnya yang dikunjungi oleh Ainun dan Anto adalah Bukit Kapur di Selat Lembeh Bitung. Ainun menuturkan tempat itu disebut-sebut sebagai titik penyelaman terbaik di dunia. Bukit Kapur Lembeh Bitung bisa dijangkau selama lebih kurang 1,5 jam perjalanan dari Kota Manado.

Sementara itu, travel blogger Dian Wulandari dan Bowo Hartanto juga berpartisipasi dalam program Telusur Nusantara sebagai adventurous traveler. Mereka mengunjungi beberapa destinasi di Makassar dan sekitarnya. Salah satunya adalah Kampung Sungai Berua.

Menurut Dian, tidak banyak yang tahu mengenai Kampung Berua, bahkan orang Makassar sendiri. Padahal jaraknya hanya 30 menit perjalanan dari Bandara Sultan Hassanuddin Makassar. Kampung Berua menawarkan pemandangan tropis yang dipenuhi oleh bukit karst, sawah, dan sungai.

“Rasanya seperti bertualang ala Indiana Jones,” ujar Bowo.

Selain berkunjung ke Kampung Berua, Dian dan Bowo juga berkunjung ke beberapa destinasi lainnya di Makassar. Misalnya Bantimurung yang terkenal dengan kupu-kupunya, Maros, Pantai Losari, dan berbagai tempat jajanan kuliner khas Makassar.

Telusur Nusantara adalah program yang diselenggarakan oleh Air Asia Go indonesia untuk mengangkat destinasi pariwisata lokal. Tahun ini, program Telusur Nusantara akan kembali hadir dengan melibatkan travel blogger dan media.

“Banyak orang Indonesia yang tidak mengenal destinasi di negara ini. Telusur Nusantara akan menjadi sumber informasi bagi orang-orang mengenai destinasi-destinasi wisata di Indonesia,” ujar Head of Marketing Air Asia Go Indonesia, Stanly Mangindaan.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s