Desa Wisata, Solusi Atasi Kelangkaan Destinasi

Jika Indonesia berada dalam krisis pencarian daya tarik wisata baru di luar Bali, maka sejatinya desa wisata adalah jawaban untuk mengakhiri persoalan itu. Sayangnya selama ini masih sedikit yang menyadari potensi pengembangan desa wisata sebagai kemasan yang bakal diminati wisatawan khususnya mereka yang menyukai wisata tematik bernuansa alami.

Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Tazbir, mengatakan desa wisata menjadi salah satu produk yang dipasarkan sebagai alternatif berwisata.

“Dan ini adalah konsep pembangunan destinasi yang terintegrasi dan layak untuk dikembangkan,” kata Tazbir di Jakarta, Minggu (20/4/2014).

Apalagi, menurut Tazbir, investasi pembangunan desa wisata selama ini hampir pasti murni digerakkan oleh masyarakat lokal dan biasanya tidak disentuh oleh pemodal besar. Dengan begitu perputaran uang yang terjadi di dalamnya bisa dinikmati langsung oleh masyarakat lokal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengakui peluang desa wisata yang begitu besar sebagai salah satu cara untuk menjaring wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Terlebih saat ini makin banyak masyarakat menyukai perjalanan wisata alam. “Tentu kami akan mendorong dan mendukung pengusaha yang ingin mengembangkan desa wisata,” ujar Mari.

Sejumlah daerah yang sudah mengembangkan desa wisata, antara lain di Bali, Yogyakarta, NTT, NTB, dan Jawa Tengah. “Tapi pada dasarnya semua daerah memiliki potensi desa wisata yang menarik untuk dikembangkan,” kata Mari.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s