Menyenangkan, Belajar Membuat Kyaraben Bento

“Pelan-pelan buatnya ya, pertama-tama kita buat dua buah nasi kepal,” kata Pristina Chairmane Gosana, instruktur dari Little Bento House saat memberi workshop kyaraben bento di kawasan Serpong, Sabtu (19/4/2014). Acara ini ini merupakan kerja sama antara Little Bento House, Wisataseru.com serta Chin Ma Ya Restaurant.

Kyaraben Bento adalah bento atau box berisi makanan yang didekorasi berbentuk karakter. Menurut Pristi, saat ini yang dibuat ialah karakter Haru yaitu boneka Jepang yang populer. Sedang untuk tema, ia sengaja mengambil musim semi sesuai dengan musim saat ini di Jepang.

Pristi, biasa ia disapa, dengan apik dan sabar mengajar 24 peserta yang seluruhnya adalah wanita sore itu. “Harus sampai padat ya,” tambahnya.

Beberapa orang terlihat tak sabar, sebagian lagi terlihat melakukannya dengan hati-hati. Tetapi keseluruhan dari mereka memperlihatkan jelas, sedang menjalani kelas workshop ini dengan suka hati.

Untuk membuat kyaraben bento, idealnya hanya butuh waktu 20 menit termasuk proses memasak. “Kalau dekorasi sebenarnya butuh waktu 10 menit saja, tapi karena ini workshop dan banyak orang jadi mungkin membutuhkan waktu lebih lama,” tuturnya.

Dalam satu kotak kyaraben bento, Pristi mempersiapkan nasi, salad, telur dadar dan chicken karage. Sedangkan untuk dekorasi nasi, ia menyiapkan nori, sayuran, keju serta deco sheet, yaitu lembaran berwarna-warni yang terbuat dari tepung terigu, susu, telur, kaldu ayam atau sapi lalu dibubuhi pewarna makanan agar menarik. Bahan-bahannya tergolong mudah didapat.

Sungguh tak sabar menunggu-nunggu perintah Pristi selanjutnya, apalagi saat waktu dekorasi datang. Mata para peserta terlihat senang, tak sabar mengeksekusi bahan dan alat yang dibagikan asisten Pristi di tiap meja.

Dekorasi dimulai dari membubuhkan nori dalam kepalan nasi tadi. Nori dipotong sedemikian rupa dan dijadikan dekorasi untuk rambut serta wajah. Lalu tak lupa setengahnya dibalut dengan deco sheet sehingga menyerupai pakaian. Warna pink untuk perempuan dan biru untuk laki-laki. Untuk hiasannya, peserta bebas berkreasi. “Kami hanya menyediakan cetakan untuk deco sheet dan sayuran. Mereka bebas mengeksplorasi agar lebih indah,” katanya.

Sungguh menyenangkan, para peserta tak butuh waktu lama untuk menyelesaikan satu kotak kyaraben bento. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta, Dede Shinta. “Senang sekali, ternyata tidak sulit. Mungkin karena acaranya dikemas dengan sangat menyenangkan dan santai. Lagi pula tidak ada pakeman saat mendekorasinya sehingga kita bisa bereksplorasi sesuai selera,” ujarnya.

Pada workshop kali ini, kebetulan Dede menjadi peserta terbaik menurut penilaian Pristi. Bento miliknya dinilai memiliki daya kreatifitas yang baik.

Karena temanya musim semi, peserta mendekorasi kotaknya dengan mencampurkan banyak warna dari deco sheet. Benar-benar mengundang selera anak. “Selain bentuk dan warna yang memikat selera anak, satu kotak kyaraben bento ini nilai gizinya tinggi,” tambah Pristi.

Ya, selain karbohidrat, satu kotak kyaraben bento juga memuat protein dari telur, susu juga berbagai vitamin dari sayuran yang sehat dan baik untuk anak.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s