Ternate Dirancang Menjadi Kota Wisata

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pekerjaan Umum, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana menjadikan Kota Ternate, Maluku Utara, sebagai salah satu kota wisata di Indonesia.

“Komitmen pemerintah pusat tersebut dibuktikan dengan alokasi anggaran yang cukup besar untuk proyek revitalisasi Benteng Oranje yang berada tepat di tengah-tengah Kota Ternate,” kata Wali Kota Ternate, Burhan Abdurrahman di Ternate, Selasa (22/4/2014).

Burhan mengatakan Ternate sebagai kota sejarah memiliki berbagai keunggulan di bidang pariwisata sehingga pemerintah kota (pemkot) berkomitmen untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu item unggulan.

Menurut Wali Kota, berbagai upaya untuk menjadikan Ternate sebagai kota sejarah telah dilakukan sehingga pemerintah pusat saat ini memberikan perhatian serius untuk pengembangan sektor pariwisata di Kota Ternate.

“Kami juga memperoleh anggaran dari kementerian untuk revitalisasi Benteng Oranje, di mana benteng tersebut pernah dihuni oleh Gubernur Jenderal pertama Belanda di Ternate,” katanya.

Untuk program revitalisasi Benteng Oranje, sebagai Ketua Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), Wali Kota Ternate berkomitmen untuk melakukan berbagai upaya yang berkaitan dengan potensi pariwisata di Kota Ternate.

“Ternate juga merupakan bagian dari Jaringan Kota Pusaka Indonesia sehingga berbagai upaya untuk memaksimalkan potensi wisata di Ternate terus dilakukan dan ini butuh dukungan semua pihak,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua komisi III DPRD kota Ternate, Asghar Saleh mengatakan keinginan pemkot untuk menjadikan Ternate sebagai kota wisata dapat terwujud jika semua komponen di daerah ini ikut mendukung program revitalisasi Benteng Oranje maupun situs-situs bersejarah lainnya.

Asghar menambahkan, selain sebagai kota perdagangan dan jasa, Ternate juga memiliki potensi pariwisata yang menjanjikan dan sekaligus untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s