Tips Menikmati Festival Legu Gam

Indonesia bagian timur memang terkenal dengan keindahan alamnya. Pantai dengan air sebening kaca, hamparan pasir putih, disempurnakan dengan langit biru berhiaskan awan putih. Tidak heran, banyak tempat di Indonesia timur yang menjadi tujuan wisata turis domestik maupun mancanegara.

Kota Ternate di Provinsi Maluku Utara (Malut) pun sepertinya sadar akan potensi pariwisata yang dimiliki. Karena itu sejak 2001 kota yang masih memiliki Kesultanan ini mulai berbenah untuk menarik wisatawan, Salah satunya dengan mengadakan Festival Legu Gam sebagai festival tahunan yang menyuguhkan berbagai rangkaian acara budaya dan tradisi khas dari Ternate.

Tahun ini Festival Legu Gam dilaksanakan pada 13-26 April 2014. Festival yang juga merupakan pesta untuk merayakan ulang tahun Sultan Ternate Mudaffar Syah ini menyuguhkan beraneka suguhan menarik selama kurang lebih dua pekan. Tertarik untuk menikmati festival Legu Gam, simak beberapa tips berikut ini.

1. Jangan Pernah Lewatkan Pembukaan Festival

Jika benar-benar ingin menikmati Festival Legu Gam, disarankan datang sehari sebelum festival dimulai. Karena ada beberapa acara menarik di pembukaan yang rugi jika terlewatkan dimulai dari pawai obor yang dilakukan semalam sebelum pembukaan. Pawai obor digambarkan sebagai momen woro-woro (pemberitahuan) bahwa Festival Legu Gam akan segera berlangsung. Obor menjadi simbol terang bagi warga Ternate.

Jika ingin mengikuti pawai obor ini hingga selesai disarankan memiliki stamina yang kuat, karena semua peserta akan mengelilingi Pulau Ternate dengan berjalan kaki dan singgah di kampung-kampung. Setiap singgah akan selalu ada acara adat sebelum pawai dilanjutkan kembali. Menurut salah seorang warga, pawai baru selesai menjelang subuh.

Setelah pawai obor akan ada ritual doa sebelum pembukaan dimulai. Dalam ritual ini Sultan Ternate didampingi Permaisuri akan duduk di singgasana. Di tengah-tengah ritual akan ditampilkan tarian Legu, yang hanya ditampilkan di saat acara kebesaran kesultanan. Selain itu warga juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Ternate seperti nasi jaha, ikan bakar, dan berbagai kue tradisional.

Acara inti dari pembukaan adalah arak-arakan Sultan dan Premaisuri yang ditandu menuju lapangan Ngara Lamo lalu kemudian akan ditampilkan tarian-tarian khas.

2. Ketahui Jadwal Acara

Akan ada banyak acara selama festival yang diadakan selama dua pekan. Karena itu baik jika memiliki jadwal acara. Jadi Anda bisa tahu acara mana saja yang ingin Anda nikmati. Untuk mendapatkan jadwal acara Anda bisa memintanya kepada sekretariat pelaksana Festival Legu Gam yang berada dekat dengan lapangan Ngara Lamo.

Tahun ini ada beberapa acara menarik antara lain kirab budaya, fashion street, konser musik, hingga jelajah samudera Kie Raha, yaitu menjelajahi empat kesultanan yang ada di Maluku Utara menggunakan perahu.

3. Cari Penginapan Dekat Lokasi Festival

Meskipun termasuk kota kecil ada baiknya jika Anda mencari penginapan yang dekat dengan lokasi festival. Acara berlangsung sejak siang hingga malam hari, dan semakin malam maka lokasi festival akan semakin ramai.

Karena itu suatu kemudahan jika Anda menginap di penginapan yang dekat dengan lokasi festival, Anda hanya perlu berjalan kaki tanpa perlu pusing mencari tempat parkir kendaraan.

4. Cari Tempat Wisata Alternatif

Festival Legu Gam tidak satu-satunya obyek wisata yang bisa Anda kunjungi selama di Ternate. Jika Anda ingin berganti suasana, tidak ada salahnya Anda mengunjungi sejumlah obyek wisata lain yang ada di Ternate.

Anda bisa mengunjungi sejumlah benteng di kota ini, antara lain Benteng Tolucco, Benteng Kastela, Benteng Orange, dan Benteng Kalamata. Atau Anda juga bisa mengunjungi danau dan pantai yang ada di Ternate.

5. Vitamin dan Payung

Sulit rasanya menikmati tempat wisata jika tubuh tidak fit atau cuaca panas melanda, karena itu siapkan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh Anda selama berada di Ternate. Selain itu mengingat cuaca yang tidak bisa diprediksi, ada baiknya Anda membawa payung.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s