Tren Travel di Indonesia Serba “Online”

Pasar wisata di Indonesia diprediksi akan mengalami pertumbuhan sebesar 4,4 persen di tahun 2015 dalam hal kontribusi pada pariwisata di kawasan Asia Pasifik. Sebagian besar pertumbuhan ini datang dari industri travel online.

Dalam kurun waktu 2012 sampai 2015, pasar travel online di Asia Tenggara tumbuh sebesar rata-rata 23 persen. Hal tersebut diungkapkan dalam acara konferensi “Web in Travel” yang berlangsung di Jakarta, Rabu (23/4/2014).

Seperti diungkapkan editor dan founder WIT, Yeoh Siew Hoon, menurut statistik dari PhoCus Wright, sebuah lembaga riset yang fokus pada travel online, indikator prediksi pertumbuhan pasar adalah laju penetrasi internet.

“Di Asia Tenggara, penetrasi internet di Indonesia masih relatif lebih rendah dibandingkan Singapura, Malaysia, dan Thailand yang sudah lebih berkembang,” kata Hoon seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Kompas Travel.

Potensi pasar travel online di Indonesia inilah yang diangkat dalam konferensi WIT yang berlangsung di Jakarta. Para praktisi dan pemain industri travel internasional hadir bersama pakar travel lokal untuk berdiskusi seputar tren dan peluang di industri ini.

“Pangsa pasar terbesar masih didominasi pemain-pemain tradisional, tapi Indonesia memiliki generasi baru para pengusaha dan tehcnopreneur yang mulai mencoba masuk dan terlibat dalam industri ini,” kata Hoon.

Menurut Hoon, saluran pemasaran dan distribusi terpecah ke dalam web, social, dan mobile. Apalagi masyarakat Indonesia merupakan konsumen urban yang sangat mobile dan terkoneksi secara online.

“Mereka adalah pasar yang memiliki akses ke berbagai penerbangan bujet dan semakin pandai dalam merencanakan perjalanan melalui online,” tutur Hoon.

Hoon menambahkan, tren seperti itu sudah terjadi di Singapura. Ia berharap tren serupa akan terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan, namun dalam skala yang jauh lebih besar.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s