Tasikmalaya Fokus Menata Obyek Wisata

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat saat ini fokus menata kawasan obyek wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata meningkat tahun 2014.

“Pemkab Tasikmalaya sedang fokus menata sejumlah tempat wisata, seperti memelihara, meningkatkan fasilitas pariwisata agar lebih banyak masyarakat yang datang,” kata Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum saat gelar budaya “Ngalokat Cai” Situ Sanghiang, Minggu (27/4/2014).

Ia menuturkan PAD sektor pariwisata tahun 2014 ditargetkan sebesar Rp 2 miliar atau meningkat dari target tahun sebelumnya Rp 1,2 miliar.

Menurut bupati, target itu akan terwujud dengan ditunjang berbagai fasilitas dan akses jalan yang memadai menuju objek wisata. “Kita sangat butuh PAD tapi dengan tidak menaikan retribusi pariwisata. Target 2014 dinilai logis dengan fasilitas penunjang yang terus dibangun,” katanya.

Bupati Tasikmalaya menyebutkan salah satu kawasan wisata yang fokus dalam penataan yakni wisata danau Situ Sanghiang, Desa Cibalanarik, Kecamatan Tanjungjaya.

Wisata tersebut, kata Uu, akan ditambah berbagai fasilitas penunjang juga infrastruktur jalan yang memadai. “Rencananya tahun ini telah dianggarkan peningkatan kualitas jalan,” katanya.

Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Situ Sanghiang, Asjam Noor mengatakan masyarakat sekitar terus berusaha menjaga dan mengelola obyek wisata Situ Sanghiang agar tetap asri dan banyak dikunjungi wisatawan.

Namun berbagai upaya yang dilakukan masyarakat tidak akan maksimal tanpa didukung pemerintah daerah seperti memperbaiki akses jalan menuju wisata Situ Sanghiang. “Akses jalan rusak harus diperbaiki, karena sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan,” kata Asjam.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s