Palembang Jadikan Pasar Sekanak sebagai Obyek Wisata

Image

Pemkot Palembang akan “menyulap” Pasar Sekanak menjadi obyek wisata baru di tepian Sungai Musi sebagai daya tarik wisatawan berkunjung ke Kota Pempek.

Kepala Dinas Tata Kota Palembang, Isnaini Madani, Senin (5/5/2014) mengatakan telah menyiapkan rencana strategis untuk revitalisasi kawasan tepian Sungai Musi khususnya di Pasar 16 Ilir, Plaza sampai ke Pasar Sekanak.

“Khusus Pasar Sekanak akan direnovasi sehingga menjadi obyek wisata yang menawarkan berbagai produk khas Palembang mulai dari makanan sampai dengan cenderamata tradisional,” katanya.

Ia menjelaskan, konsep pasar tersebut akan menjadi semi modern atau kombinasi pasar modern dan tradisonal. Dengan penataan yang menarik dan fasilitas pendukung memadai menjadi obyek wisata andalan tepian Sungai Musi.

Menurut Isnaeni, Pasar Sekanak dinilai sangat strategis untuk menjadi obyek wisata andalan yang khas meskipun kini kondisinya kumuh tanpa penataan baik. “Bukan hanya lokasi yang berada di tengah kota tetapi masih berdiri kokohnya bangunan-bangunan tempo dulu membuat kawasan itu akan sangat menarik,” ujar Isnaeni.

Dinas Tata Kota Palembang menyiapkan sekitar 30 unit kios yang akan menjadi lokasi tempat bertemu pembeli dan penjual di area tersebut. Fasilitas pendukung lainnya, restoran di tepi sungai juga akan dioptimalkan sehingga menambah daya tarik obyek wisata itu.

Isnaini menambahkan, di pasar tersebut juga akan disiapkan area pementasan seni dan budaya yang secara rutin digelar berbagai penampilan baik tarian maupun teater.

Guna mewujudkan obyek wisata tersebut dibutuhkan sedikitnya investasi sekitar Rp 50 miliar yang ditargetkan berasal dari investasi pengusaha lokal.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s