Lalui Pantai, Pesepeda “Minang Bike” Akhiri Etape Pertama

Image

Para peserta touring sepeda harian Kompas, “Minang Bike” beristirahat di Simpang 4 Toboh, Padang Pariaman, Sumatera Barat, Jumat (9/5/2014) siang, setelah bersepeda sejauh sekitar 65 kilometer dari Kota Padang. Pada etape pertama ini, pesepeda harus berhadapan dengan terik matahari.

Setelah start dari halaman Hotel Grand Inna Muara di Kota Padang, para pesepeda melewati jalur mendatar tanpa tanjakan. Namun, di kilometer 35, mereka mesti melewati jalan yang relatif rusak parah sepanjang 1,5 kilometer.

Di awal etape ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu ikut bersepeda ditemani Wakil Pemimpin Redaksi Kompas Budiman Tanuredjo. Mari bersepeda dari hotel hingga Bandara Internasional Minangkabau sejauh 26 kilometer.

Para peserta “Minang Bike” bersepeda sambil menikmati pemandangan seperti pantai dan perbukitan. Mereka juga melewati rumah-rumah penduduk. Untuk setengah etape pertama ini, mereka belum menghadapi tantangan berarti. Hanya saja, mereka mesti bersepeda di bawah terik matahari dengan suhu mencapai 35,7 derajat celcius.

Ketika suhu semakin panas, para peserta terbagi dalam beberapa rombongan dengan jarak pesepeda paling depan cukup jauh dengan pesepeda terbelakang. Meski demikian, marshal atau pengawal belum efektif bekerja mendorong pesepeda yang kelelahan. Pegowes yang tercecer masih menolak didorong.

“Tapi tadi ada yang jatuh tadi pas lewati rel kereta sama jembatan kayu. Kepeleset,” ucap Road Captain Martha Mufreni.

Setelah istirahat dan shalat Jumat, mereka akan kembali melanjutkan perjalanan sejauh 77 kilometer lagi hingga berakhir di Danau Maninjau. Hari pertama ini merupakan etape terpanjang dari tiga etape dalam tiga hari dengan total panjang 288 kilometer.

Acara Kompas “Minang Bike” digelar pada 9-11 Mei 2014. Sebanyal 150 penggemar sepeda mengikuti perjalanan bersepeda sejauh 288 kilometer di Sumatera Barat. Perjalanan terbagi menjadi tiga etape, yakni Padang-Danau Maninjau (142 kilometer), Danau Maninjau-Bukit Tinggi (60 kilometer), dan Bukit Tinggi-Padang (86 kilometer).

Sebelumnya, Kompas juga pernah menggelar jelajah Surabaya-Jakarta sejauh 1.200 kilometer pada 2008, Jakarta Palembang sejauh 820 kilometer pada 2010, Bali-Komodo sejauh 610 kilometer pada 2012, Sabang-Padang sejauh 1.500 kilometer pada 2013, dan Bali Bike. Rencananya, Kompas menggelar jelajah Manado-Makasar sejauh 1.510 kilometer pada Agustus 2014.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s