Halmahera Tengah Berupaya Tarik Wisatawan dari Raja Ampat

Image

Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, berupaya menarik wisatawan untuk berkunjung ke daerah itu melalui Papua khususnya Raja Ampat, Papua Barat. “Raja Ampat saat ini banyak dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk itu Pemkab Halteng akan berupaya agar wisatawan yang berkunjung ke sana dapat melanjutkan perjalanan ke Halteng,” kata Bupati Halteng, Ali Yasin di Ternate, Rabu (14/5/2014).

Letak Halteng yang relatif dekat dengan Raja Ampat diharapkan menjadi motivasi bagi wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat untuk melanjutkan perjalanan ke Halteng guna menikmati berbagai obyek wisata di daerah ini.

Menurut Yasin, Pemkab Halteng akan mempromosikan potensi pariwisata Halteng di Raja Ampat melalui berbagai jaringan, termasuk dengan memanfaatkan pelaksanaan Sail Raja Ampat yang dijadwalkan digelar pada Juni mendatang.

Potensi obyek wisata yang akan dipromosikan di antaranya wisata bahari seperti Pulau Oto, wisata sejarah seperti sumber mata air yang dulu menjadi tempat mandi permaisuri raja serta wisata alam seperti goa dan hutan habitat berbagai fauna khas Halmahera.

Obyek wisata bahari di Halteng, terutama di Pulau Oto, tidak kalah indahnya jika dibandingkan dengan obyek wisata bahari di Raja Ampat, bahkan khusus dari keragaman jenis ikan lebih banyak jika dibandingkan dengan yang ada di Raja Ampat.

“Sesuai hasil penelitian keragaman ikan di perairan obyek wisata Pulau Oto mencapai 300 jenis lebih, sedangkan yang ada di Perairan Raja Ampat hanya sekitar 290 jenis. Saya yakin ini semua akan menjadi sesuatu yang sangat menarik bagi para wisatawan,” katanya.

Pemkab Halteng tengah berupaya membangun jaringan transportasi antara Halteng dengan Raja Ampat, yang sudah terealisasi sekarang adalah kapal feri dan ke depan diupayakan ada penerbangan perintis yang melayani kedua daerah untuk memudahkan wisatawan dari Raja Ampat berkunjung ke Halteng.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s