Keindahan Pantai Selong Belanak

Pantai Belanak

Berkunjung ke pantai adalah aktifitas yang sangat mmenyenangkan. Kemanapun, dimanapun dan saat ingin bersantai, pilihan berkunjung kepantai adalah pilihan yang tak pernah salah, dimanapun tempatnya. Salah satu pulau yang memiliki banyak pinggiran laut yang elok dan mempesona adalah Lombok. Sebuah pulau yang terletak di di Nusa Tenggara atau Kepulauan Sunda Kecil. Di sebelah barat Pulau Lombok terdapat pulau Bali yang dipisahkan oleh Selat Lombok dan terdapat Selat Alas di sebelah timurnya, dari Sumbawa.

Pulau yang berbentuk seperti ekor di sisis Barat daya ini memili pantai yang di beri nama Selong Belanak. Pantai dengan nama yang unik serta tidak biasa, disebut seperti itupun masyarakat lokal begitu sangat simple menjelaskannya. Konon dahulu kala di pantai itu terdapat  banyak binatang yang sering di jumpai disana, yaitu “Selong” sejenis ular laut dan “Belanak” salah satu nama ikan. Ah.. sangat sederhana bukan.

Di Pantai Selong Belanak anda akan menemukan pemandangan hamparan pasir putih nan halus yang ditutupi oleh kejernihan air yang berkilauan ketika matahari menerpa. Yang unik di pantai ini, karena begitu jernihnya air di pantai, hingga pantai Selong Belanak bisa untuk bercermin. Air laut yang menyurut, perlahan-lahan membuat apa saja yang dipantulkannya seolah terbelah menjadi dua bagian, seperti di dalam cermin.

Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di Pantai Selong Belanak, seperti berenang, sekedar berjemur, bahkan berdansa dengan ombak dengan berselancar. Di pantai ini juga terdapat penyewaan papan selancar, dan anda bisa menyewa Rp.50.000/jam nya. sedikit mahal ya..

Belum banyak yang tahu keberadaan pantai ini, karena itu beberapa orang menyebut, bahwa pantai ini masih “perawan”. Hanya mungkin kebanyakan turis yang datang untuk berjemur dan berselancar. Dipantai ini juga ada sebuah warteg, anda bisa menikmati keindahan pantai sambil bersantai sejenak disana.

Untuk sampai di pantai yang terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini anda anda bias melakukan dengan perjalanan darat. Disepanjang jalan, anda akan melewati area perbukitan. Usahakan datang sebelum matahari tenggelam, karena jika sudah gelap menyerang, pantai ini tidak terlihat indah. Anda juga menikmati pemandangan sunset di pantai ini. Untuk masuk ke pantai ini anda akan dikenakan tiket sebesar Rp. 5.000,-.

Jika anda punya banyak waktu saat berwisata ke Lombok, mampirlah ke Pantai Selong Belanak, walau hanya untuk sekedar tahu.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s