Dermaga Apung Singkarak Menarik Perhatian Wisatawan

Keberadaan dermaga apung di kawasan dermaga Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, menarik perhatian wisatawan apalagi nantinya kawasan tersebut menjadi pusat pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS).

“Dengan adanya TdS kawasan Danau Singkarak menjadi pusat perhatian masyarakat dan para wisatawan yang berkunjung ke sana,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) M Al Fajri di Arosuka, Kamis (22/5/2014).

Pihaknya berharap keberadaan dermaga apung tersebut dapat menunjang kunjungan wisatawan ke daerah memiliki banyak obyek wisata itu.

Diakui Fajri, masih banyak kekurangan yang harus dibenahi untuk menjadikan obyek wisata yang ada di Kabupaten Solok sebagai lokasi tujuan wisata.

Untuk menjadikan Solok sebagai daerah tujuan wisata, Pemkab Solok menetapkan tiga kawasan destinasi wisata yang didasarkan pada potensi yang ada. Di antaranya kawasan bagian selatan dengan potensi alam Danau Kembar dan perkebunan teh. Kemudian, bagian tengah dengan hutan kota, dan bagian utara mengandalkan Danau Singkarak.

Pemkab Solok terus berupaya menjadikan perkembangan wisata di daerah itu lebih fokus dan terarah. Namun di samping itu, dibutuhkan juga dukungan masyarakat di sekitar obyek wisata untuk pengembangan wisata itu sendiri.

“Selain berupaya melengkapi sarana pendukung wisata, kita juga berupaya melakukan pembinaan kepada masyarakat, khususnya di kawasan obyek wisata agar mereka memahami konsep pariwisata,” kata Fajri.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s