Bangkok, Kota Wisata Terfavorit Kedua di Dunia

Berdasarkan laporan Indeks Destinasi Global MasterCard 2014 (MasterCard Global Destination Cities Index) yang dikeluarkan pada Jumat (11/7/2014) yang lalu, Asia Pasifik sekali lagi menunjukkan kehebatannya. Sebab, lima dari sepuluh destinasi bagi wisatawan internasional berasal dari kawasan tersebut.

Jumlah ini naik dibandingkan tahun lalu yang hanya menempatkan empat kota dari perwakilan Asia Pasifik. Bangkok, Singapura, Kuala Lumpur, Hongkong, dan Seoul masuk di Global Top 10 Cities.

Bangkok yang menempati posisi teratas tahun lalu harus rela digeser oleh London. Tetapi, Bangkok tetap kuat dengan berada di posisi kedua dan mempertahankan posisi tertinggi di antara kota Asia Pasifik meskipun mengalami penurunan jumlah pengunjung sebesar 11 persen akibat ketidakstabilan politik yang melanda Thailand sejak akhir 2013.

Kota-kota Asia Tenggara juga menunjukkan tingkat pertumbuhan yang menjanjikan. Hal ini terlihat dari Jakarta diproyeksikan mengalami pertumbuhan sebesar 18,8 persen, diikuti oleh Hanoi sebesar 15,1 persen, dan Manila 14,3 persen.

Kuala Lumpur, meskipun tingkat proyeksi pertumbuhannya sedikit lebih rendah dari 13,1 persen, di Indeks ini tetap menempatkannya di 10 besar Asia Pasifik untuk jumlah pengunjung internasional berdasarkan angka kedatangan. Ibu kota dari Malaysia tersebut juga memiliki pertumbuhan tertinggi kedua di 20 besar tingkat Global.

”Para wisatawan dan pengeluaran yang mereka lakukan menjadi faktor pendorong transformasi bisnis, sosial dan budaya kota tempat tujuan mereka. Sejak 2009, kita melihat perjalanan luar negeri dan segala hal yang berkaitan dengan bisnis tersebut tumbuh dengan tingkat yang lebih cepat dari PDB (Pendapatan Bruto Domestik) dunia,” ungkap Global Economic Advisor untuk MasterCard Dr. Yuwa Hedrick-Wong, seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Rabu (16/7/2014).

Ia menambahkan perkembangan ini merefleksikan ketertarikan dan keinginan yang berkelanjutan akan pengalaman mempelajari budaya baru dari semua belahan bumi. Termasuk, lanjutnya, kelas menengah yang sedang berkembang di negara-negara berkembang yang kini memiliki daya beli untuk mengejar pengalaman tersebut.”      

Saat ini pada tahun keempat, Indeks Destinasi Global MasterCard 2014 (MasterCard Global Destination Cities Index) memberikan gambaran dan peringkat dari 132 kota terpenting di dunia.

Menyadari meratanya kota-kota Asia Tenggara di deretan sepuluh besar, Presiden Asia Tenggara MasterCard Matthew Driver menambahkan, bahwa Indeks tersebut berfungsi sebagai rujukan untuk memahami ekonomi global, konektivitas serta kapasitas yang berhubungan dengan industri perjalanan di seluruh dunia.

“Tingginya angka indeks yang tercantum menunjukkan pentingnya peran dari sektor perdagangan dan pariwisata bagi kota terkait, dimana kota-kota tersebut telah diuntungkan dari perencanaan investasi yang berkelanjutan dalam hal peningkatan kapasitas maupun infrastruktur terkait,” tuturnya

MasterCard Index of Global Destination Cities mengurutkan dalam segi jumlah kedatangan pengunjung internasional dan pengeluaran dari pengunjung di kota tujuan, dan memberikan perkiraan pertumbuhan pengunjung dan penumpang untuk 2014.

Data publik yang digunakan untuk memperoleh jumlah pengunjung kedatangan internasional dan pengeluaran mereka di setiap 132 kota tujuan, menggunakan algoritma custom-made, dengan perhatian khusus untuk menghilangkan efek penghubung (hub) dari kota tujuan seperti Singapura, Amsterdam, dan Frankfurt. Indeks dan laporan-laporan ini tidak berdasarkan jumlah atau data transaksional MasterCard.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s