Taksi di Dua Negara Ini Termahal di Dunia

Bisa jadi, hal ini adalah salah satu kutukan yang paling besar dan paling mahal dalam hidup seorang pelancong. Anda mendarat di bandara dan perlu cepat-cepat untuk menuju pusat kota. Jadilah pilihannya naik taksi agar dapat sampai secepat mungkin.

Namun kenyataan sesungguhnya begitu pahit. Ongkos perjalanan taksi yang Anda tumpangi bisa jadi sangat mahal. Menurut riset terbaru, Selandia Baru dan Australia menjadi dua negara dengan kota-kota termahal untuk ongkos taksi.

Sebuah survei yang dilakukan oleh salah satu perusahaan Selandia Baru menemukan bahwa Christchurch memiliki ongkos taksi bandara termahal di planet ini. Penumpang taksi di kota Christchurch harus berhadapan dengan tarif taksi rata-rata per kilometer yaitu sebanyak 4,5 dollar Selandia Baru (setara dengan Rp 45.000).

Sementara itu, di Christchurch, jarak antara bandara dengan pusat sekitar 10 kilometer. Sehingga, biaya naik taksi dari bandara ke kota sekitar 45 dollar Selandia Baru atau Rp 450.000.

Riset yang dilakukan oleh Digital Hothouse juga menyebutkan Queenstown sebagai tetangga terdekat dari Christchurch, tidak lebih murah. Kota di Selandia Baru ini juga berada di posisi kedua dengan tarif rata-rata 4,38 dollar Selandia Baru per kilometer. Jarak bandara ke pusat kota sekitar 8 kilometer sehingga ongkosnya total menjadi 35 dollar Selandia Baru atau setara Rp 354.000.

Dua kota lain di Selandia Baru yaitu ibu kota Wellington dan kota Auckland, juga masuk ke dalam sepuluh besar. Sedangkan tiga kota Australia juga menduduki lima teratas untuk perjalanan termahal dengan taksi bandara. Untuk menjaga keseragaman, hasil survei dipresentasikan dalam mata uang dollar Selandia Baru.

Kota Sydney berada di posisi ketiga setelah Christchurch dan Queenstown. Di Sydney, tarif rata-rata 4,23 dollar Selandia Baru per kilometer dan total 51 dollar Selandia Baru (Rp 518.000) untuk perjalanan 12 kilometer dari bandara ke pusat kota.

Kota Perth dan Melbourne, masuk dalam daftar lima besar yaitu di peringkat empat dan lima. Setelah kota-kota di Selandia Baru dan Australia, muncul kota London dari Inggris yang berada di posisi ke-8.

Hal ini menjadikan kota London sebagai biaya taksi termahal di Eropa yang mencapai 3,67 dollar Selandia Baru per kilometer. Serta, total 105 dollar Selandia Baru (sekitar Rp 518.000) untuk perjalanan 29 kilometer dari bandara ke pusat kota.

Namun, jika dibandingkan antara negara, Inggris berada di tiga besar biaya taksi termahal di dunia. Di posisi pertama adalah Selandia Baru dan selanjutnya Australia. Setelah Inggris, ada Rusia, Spanyol, dan Italia.

Biaya taksi di Asia

Sementara itu, di Asia, untuk kota dengan biaya taksi termahal tidak masuk dalam daftar sepuluh besar. Sebagai perbandingan biaya taksi di Jepang rata-rata 1,56 dollar Selandia Baru per kilometer atau setara Rp 15.000. Berbeda jauh dengan Selandia Baru yang mencapai 4 dollar Selandia Baru (setara Rp 40.000) per kilometer.

Sedangkan di Singapura biaya taksi rata-rata 1,29 dollar Selandia Baru atau Rp 13.000 per kilometer. Biaya taksi rata-rata di Thailand 0,41 dollar Selandia Baru atau Rp 4.000 per kilometer. Negara tetangga yaitu Malaysia, biaya taksi rata-rata hanya 0,33 dollar Selandia Baru atau Rp 3.300 per kilometer. Menurut survei tersebut, biaya taksi bandara negara-negara di Asia Tenggara dipandang sebagai termurah di dunia.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s