Menikmati Keindahan Banyuwangi pada Libur Lebaran

Di masa libur lebaran 2014 yang bersamaan dengan libur sekolah, sejumlah atraksi wisata budaya digelar di kabupaten yang berada di paling timur Pulau Jawa sebagai awal rangkaian Banyuwangi Festival 2014. “Ada Barang Idher Bumi yang menjadi kegiatan rutin masyarakat Using sebagai suku asli Banyuwangi yang akan digelar pada 29 Juli di Desa Kemiren serta Seblang Olehsari yang akan berlangsung selama 7 hari berturut-turut sebagai ritual bersih desa,” jelas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada Kompas.com.

Barong Idher Bumi merupakan bagian dari ritual masyarakat Using. Nantinya barong yang berbentuk topeng akan diarak keliling Desa Kemiren dengan harapan agar terhindar dari marabahaya dan akan mendapatkan kemakmuran.

Sedangkan Seblang Olehsari merupakan tradisi bersih desa yang berusia ratusan tahun dan terus dijaga sampai sekarang. Seorang perempuan muda dalam keadaan tidak sadar (trance) menari mengikuti musik yang ditabuh. Pada malam hari, biasanya masyarakat akan menggelar selamatan yang akan diikuti oleh warga. “Ritual yang digelar pada musim libur lebaran dan libur sekolah ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan,” jelas Anas.

Selain itu, Anas juga memprediksi akan ada peningkatan kunjungan di beberapa destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi seperti Pulau Merah, Teluk Hijau, Pantai Boom dan Kawah Ijen. “Misalnya Pulau Merah yang rata-rata dikunjungi 3.000 orang di akhir pekan. Diperkirakan ini akan melonjak sampai 75 persen. Dengan kunjungan wisatawan yang meningkat, tentu gerak ekonomi lokal makin menanjak,” ujar Anas.

Saat ini tingkat kunjungan wisatawan ke Banyuwangi mengalami kenaikan cukup signifikan. Pada 2013, turis asing mencapai 10.462 orang, meningkat 90 persen dibanding 2012 sebesar 5.502 orang. Adapun turis lokal meningkat 24 persen dari 860.831 orang pada 2012 menjadi 1.057.952 pada 2013.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s