NTB Targetkan 3 Juta Wisatawan

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2016 menargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu mencapai 3 juta orang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal di Mataram, Selasa (27/10/2015), mengatakan target kunjungan itu tidak terlepas dengan penghargaan yang diraih NTB di ajang World Halal Travel Award di Uni Emirat Arab.

Dalam ajang itu, NTB diwakili Lombok meraih dua penghargaan sebagai daerah tujuan wisata halal terbaik di dunia dan wisata bulan madu halal terbaik di dunia 2015.

“Apa yang dicapai Lombok diyakini akan mendongkrak kunjungan wisatawan untuk datang ke NTB. Bahkan, Kementerian Pariwisata berharap banyak kepada NTB mampu menyumbang kenaikan kunjungan wisatawan ke Indonesia,” kata Faozal.

“Ditetapkannya NTB sebagai destinasi halal terbaik dunia telah mengubah peta pasar pariwisata di Asia. Kini, Lombok sudah dilirik oleh tour travel yang mengelola muslim traveler di negara muslim maupun nonmuslim,” jelasnya.

Ia mengatakan pangsa pasar wisata halal tidak lagi hanya wisatawan muslim karena orang-orang kaya di Eropa, dan Amerika setiap tahun akan mencari lokasi bepergian.

“Lombok dapat sebagai alternatif tujuan wisata sehingga peta pariwisata mulai berubah tidak lagi diwakili Malaysia dan Singapura, tetapi sekarang ada Lombok,” ujarnya.

Kendati demikian, mantan Kepala Museum NTB mengatakan, untuk bisa mencapai target 3 juta wisatawan tentu pekerjaan berat yang harus bisa disiasati pemerintah daerah.

Salah satunya adalah melakukan pembenahan di destinasi wisata dan pelayanan seperti persoalan keamanan dan kenyamanan. Sebab, jika tidak dipelihara maka kepercayaan wisatawan bisa ikut turun.

Selain itu, konektivitas penerbangan menuju Lombok perlu dibenahi hingga saat ini penerbangan dari berbagai negara menuju Lombok belum tercukupi.

“Tanpa dukungan konektivitas mustahil juga angka kunjungan bisa dicapai. Karenanya, dukungan pemerintah dan maskapai sangat diperlukan daerah,” imbuhnya.

Faozal mengatakan menyongsong kunjungan tiga juta wisatawan di tahun 2016, NTB akan mengangkat tema “Pesona Lombok-Sumbawa” menggantikan “Visit Lombok Sumbawa” sebagai jargon NTB menarik minat wisatawan.

“Dengan tagline baru nanti, kami optimis angka kunjungan tiga juta wisatawan ke NTB bisa tercapai,” tambah Faozal.

Butuh sewa mobil di lombok hubungi mahardika travel di 087864867189

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s